Senin, 24 Januari 2011

Keliling Dunia Melestarikan Budaya Bangsa


Bunthora Situmorang, Bintang Pop Etnik Batak
Malam itu, Rabu (14/4), jam sudah menunjukkan pukul 22.00 WIB. Bunthora Situmorang naik ke atas panggung. Pengunjung yang memenuhi Venus Karaoke, lantai II Hotel Grand Antares Medan sedikit menahan napas. Ya, sang bintang pop etnik Batak yang telah lama ditunggu siap beraksi.

Jhonson Siahaan, Medan

Tapi tunggu dulu, Bunthora tak langsung memamerkan suara merdunya. “Horas tu hita sasude,” buka penyanyi yang mendapat Doctor Honnoris Causa dari Universitas Chicago itu.

Tak pelak, kalimat tersebut membuat pengunjung sumringah. “Horas juga, Abang!” balas mereka.
“Terima kasih saya ucapkan kepada kawan-kawan semua karena masih memberikan kepercayaan kepada saya untuk tampil pada acara kali ini,” tambah Bunthora Situmorang.

Tak lama kemudian, Bunthora mulai bernyanyi. Lagu Anak Medan dan Elvi mengalun dengan menyenangkan. Aksi panggung Bunthora pun semakin menyemarakkan suasana, tanpa sungkan dia mendekati para pengunjung. Aksi ini memancing pengunjung untuk menyalami sang bintang dan ikut menyanyi dan bergoyang. Selain itu, petikan gitar dari pemain gitar membuat susana menjadi semakin hidup. Para pengunjung juga ikut menggoyangkan badannya dan menyanyi. Tidak hanya itu saja, susana lampu di dalam ruangan juga diatur sedemikian rupa dengan tujuan membuat susana menjadi lebih hidup.

Pengunjung semakin menjadi ketika Bunthora menyanyikan lagu berjudul Didia Rokaphi. Tepuk tangan membahana, menambah hangat suasana. “Tambah lagi lagunya,” teriak seorang pengunjung.

“Tujuan saya road show salah satunya untuk melestarikan budaya bangsa sendiri. Kalau bukan kita lalu siapa lagi?” ucap Bunthora usai beraksi.

Ya, Bunthora memang baru saja menyelesaikan show di Eropa dan Amerika. Dirinya show ke Eropa karena diundang oleh warga negara Indonesia yang ada di benua itu; yang haus akan lagu-lagu budaya bangsa sendiri. “Saya baru saja selesai show di Tobasa dan diundang ke tempat ini,” jelas Bunthora.

Apa yang diungkapkan Bunthora diamini oleh M Hasiholan Hutabarat, Manajemen Hotel Grand Antares. Ayah empat orang anak ini menuturkan, mengundang Bunthora adalah satu dari sekian agenda yang memenag disiapkan Grand Antares untuk memanjakan pengunjung. “Acara ini bertajuk ‘Bunthora Situmorang And Family Show’. Dan, bertujuan untuk melestarikan budaya negeri sendiri termasuk budaya Batak. Selain itu, saya sendiri selaku pihak management entartaiment sudah menelurkan lima band, antara lain Venus Band, Gambas Band, U 5 Band dan Lands Band,” jelas M Hasiholan Hutabarat.

Malam itu, sebelum acara inti dimulai, para pengunjung disuguhkan dengan band pembuka. Band pembuka pada acara tersebut adalah Venus Band dan Gambas Band. Venus Band tampil memukau para pengunjung dengan lagu yang dipopulerkan oleh group band Wali dengan judul Yank. Sedangkan, Gambas Band tampil memukau dengan judul lagu Elvi pada lagu pertamanya. “Acara yang kita lakukan ini secara continue. Tujuan kita melakukan acara ini agar para pengunjung mendapat susana yang berbeda dan penyegaran. Acara seperti acara bulanan dari hotel,” jelas M Hasiholan Hutabarat.

M Hasiholan Hutabarat menuturkan bahwa artis-artis pop nasional juga sudah pernah diundang oleh pihak management hotel. “Mari kita cintai budaya sendiri. Music is my life dan kalau bisa harapan saya kepada junior-junior yang baru berkecimpung di dunia tarik suara jangan semata-mata selalu mencari materi saja,” tutup M Hasiholan Hutabarat


Share To Your Friends

0 komentar:

Posting Komentar

bisnis internet
 

Simalungun - Tolu Sahundulan

Simalungun - Deideng [Sitalasari]

Simalungun - Horas Sayur Matua



DALIHAN NA TOLU Copyright © 2011. Template created by Betr4y3r5 supported by Colection Mp3